Asian Spectator

Kehilangan idola: respons penggemar atas kematian Liam Payne menyoroti kekuatan masa kanak-kanak dan musik

  • Written by Liz Giuffre, Senior Lecturer in Communication, University of Technology Sydney
Kehilangan idola: respons penggemar atas kematian Liam Payne menyoroti kekuatan masa kanak-kanak dan musik

Media melaporkan bahwa mantan anggota band One Direction dan artis solo Liam Payne[1] ditemukan tewas di luar sebuah hotel di Buenos Aires. Payne yang baru berusia 31 tahun merupakan seorang teman dan ayah[2] yang dicintai.

Bersama mantan rekan satu bandnya di One Direction, Niall Horan, Harry Styles, Louis Tomlinson, dan Zayn Malik, Payne memiliki pengaruh besar pada budaya populer di negara asalnya, Inggris, dan internasional.

Grup ini dibentuk pada tahun 2010 di acara pencarian bakat Inggris X Factor[3] dan bertahan selama sekitar lima tahun sebelum resmi bubar pada tahun 2016. Selama itu, Payne tetap menjadi anggota grup yang berharga dan memiliki bakat yang jelas dalam dirinya.

Meskipun setiap anggota mengikuti audisi secara terpisah, Simon Cowell memilih mereka untuk membentuk sebuah grup.

Setelah bubar (dan jeda singkat dari pembuatan musik), Payne terus merilis musik secara berkala baik sebagai penulis lagu maupun kolaborator. Ia baru-baru ini merilis singel Teardrops[4] pada bulan Maret, sebelum album solo keduanya yang ditunggu-tunggu.

Berita kematian Payne telah menuai banyak penghormatan[5]. Seperti banyak anak muda yang tiba-tiba menjadi bintang dalam semalam, hidupnya tidak lepas dari kontroversi[6]. Namun, respons para penggemar dan rekan-rekan di industri hiburan atas kematiannya merupakan bukti dari dampak yang ia dan mantan grupnya ciptakan dalam industri hiburan.

Terbentuknya supergrup bintang pop

One Direction mungkin belum bersama selama artis-artis lain yang sukses secara global, tapi pengaruh mereka jauh melampaui band-band yang telah bersama selama beberapa dekade. Mereka merilis lima rekaman studio—dan memecahkan lebih banyak lagi rekor, termasuk enam rekor dunia Guinness[7]. Meskipun mereka tidak mencapai ulang tahun kebersamaan ke-10, mereka tetap menjual sekitar 70 juta rekaman[8] pada tahun 2020.

Pada tahun-tahun setelah perpecahan, penggemar terus berkumpul, mendengarkan, dan merayakan—dengan peringatan terbaru (14 tahun) menyaksikan acara yang dipimpin penggemar,[9] yang diadakan di Australia dan seluruh dunia.

Mudah untuk mengabaikan musik pop dan pengaruhnya, terutama dalam menghadapi situasi global yang semakin buruk. Namun, pop, seperti banyak bentuk hiburan lainnya, menyediakan cara praktis bagi orang untuk mendapatkan kesenangan dan kenyamanan sesaat.

Musik pop juga menyediakan koneksi dengan orang lain—dan pelepasan dari tekanan politik atau tekanan harian lainnya. Salah satu lagu hits One Direction, That’s What Makes You Beautiful, misalnya, berupaya memberdayakan kaum muda yang mungkin kewalahan oleh pesan-pesan negatif.

Dalam kurun waktu satu tahun sejak debut mereka, grup ini disambut oleh banyak penggemar di hampir semua tempat yang mereka inginkan.

One Direction kerap dibandingkan dengan The Beatles dalam hal pengaruh mereka terhadap kaum muda—khususnya penggemar perempuan dan ‘queer’.

Dampak bagi penggemar ketika idola mereka meninggal

Hilangnya nyawa, terutama nyawa anak muda, selalu menjadi tragedi.

Bagi sebagian penggemar muda, ini mungkin orang pertama yang mereka “kenal” yang meninggal. Meskipun mungkin tidak sama dengan kehilangan anggota keluarga atau teman dekat, perasaan kehilangan itu penting. Penggemar muda akan membutuhkan dukungan. Pada tahun 2024, banyak yang akan menemukan dukungan ini melalui platform sosial dan forum daring.

Saya masih ingat dampak kematian bintang-bintang seperti Kurt Cobain dan Jeff Buckley terhadap orang-orang seperti saya yang masih remaja di tahun 1990-an. Mereka adalah seniman yang saya kagumi dan dengarkan—karya seni mereka saya andalkan di saat senang maupun susah.

Kesedihan serupa juga saya rasakan ketika artis seperti George Michael, Aretha Franklin, dan David Bowie meninggal.

Pengalaman kehilangan idola musik merupakan pengalaman yang universal. Orang-orang yang karyanya kita kaitkan dengan kehidupan kita sendiri memberikan pengalaman yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita. Ketika mereka meninggal, rasanya pengalaman-pengalaman itu ikut berakhir.

Setelah berita kematian Payne tersebar, ratusan penggemar[10] turun ke jalan-jalan Palermo di Buenos Aires, tempat Payne berkunjung. Mereka mengadakan acara peringatan, menangis, dan saling menghibur di depan hotel Casa Sur tempat Payne menginap.

Seorang penggemar, Yamila Zacarias (25 tahun), mungkin mewakili banyak orang ketika berkata[11]:

Dia sangat berarti bagi saya karena band ini hadir dalam hidup saya saat saya mencoba menjadi bagian dari sesuatu, dan menjadi penggemar One Direction merupakan sesuatu itu bagi saya.

Fandom dan kenangan seumur hidup

Ada stereotip tentang “penggemar” sebagai gerombolan gadis yang berteriak-teriak, yang benar-benar dapat menghilangkan kedalaman fandom.

Siapapun di tahap kehidupan manapun bisa menjadi penggemar apapun. Hal terbaik tentang fandom adalah dapat, dan sering kali, memungkinkan banyak tipe orang yang berbeda untuk terhubung sepanjang hidup mereka.

Banyak penggemar meninggalkan komentar pada video musik lama. YouTube/screenshot

Meninggalnya aktris Amerika Serikat (AS) Betty White pada tahun 2021, meskipun menyedihkan, menyatukan orang-orang dari berbagai generasi dan latar belakang kehidupan. Bukan hanya mereka yang mengenalnya secara pribadi, tetapi mereka yang telah terhubung satu sama lain melalui kecintaan mereka terhadap karyanya. Itu mengingatkan saya pada keluarga saya sendiri, termasuk nenek dan ayah saya, yang sekarang telah tiada, dan tawa yang kami bagikan saat kami menyaksikannya.

Seiring dengan munculnya lebih banyak detail dan penghormatan atas kehidupan dan kematian Payne, para penggemar akan saling mendukung. Jika kamu sendiri mengenal seseorang yang merupakan penggemar Payne atau One Direction, penting untuk sekadar mengakui kesedihan dan pengalaman orang tersebut. Bagi mereka, hal itu berarti, “apa yang kamu cintai itu valid, dan begitu pula dirimu”.

Jika artikel ini menimbulkan masalah emosi dan mental bagimu, atau jika kamu mengkhawatirkan seseorang yang kamu kenal, hubungi bantuan profesional terdekat.

References

  1. ^ Liam Payne (www.abc.net.au)
  2. ^ ayah (www.mamamia.com.au)
  3. ^ X Factor (www.imdb.com)
  4. ^ Teardrops (www.youtube.com)
  5. ^ penghormatan (www.pedestrian.tv)
  6. ^ kontroversi (www.usmagazine.com)
  7. ^ enam rekor dunia Guinness (time.com)
  8. ^ sekitar 70 juta rekaman (www.bbc.co.uk)
  9. ^ acara yang dipimpin penggemar, (www.metrotheatre.com.au)
  10. ^ ratusan penggemar (www.theguardian.com)
  11. ^ berkata (www.abc.net.au)

Authors: Liz Giuffre, Senior Lecturer in Communication, University of Technology Sydney

Read more https://theconversation.com/kehilangan-idola-respons-penggemar-atas-kematian-liam-payne-menyoroti-kekuatan-masa-kanak-kanak-dan-musik-241594

Magazine

Nobel ekonomi 2024: warisan kolonial dan pesan antikorupsi untuk pemerintah mendatang

Prabowo-Gibran yang pencalonannya sebagai Presiden dan Wakil Presiden memantik kontroversi akan bekerja mulai 20 Oktober 2024.Untuk mengawal pemerintahan mereka, kami menerbitkan edisi khusus #PantauP...

Kehilangan idola: respons penggemar atas kematian Liam Payne menyoroti kekuatan masa kanak-kanak dan musik

Media melaporkan bahwa mantan anggota band One Direction dan artis solo Liam Payne ditemukan tewas di luar sebuah hotel di Buenos Aires. Payne yang baru berusia 31 tahun merupakan seorang teman dan ay...

Serangan siber mengintai: peta ancaman yang harus diwaspadai Prabowo-Gibran

Prabowo-Gibran yang pencalonannya sebagai Presiden dan Wakil Presiden memantik kontroversi akan bekerja mulai 20 Oktober 2024.Untuk mengawal pemerintahan mereka, kami menerbitkan edisi khusus #PantauP...



NewsServices.com

Content & Technology Connecting Global Audiences

More Information - Less Opinion